Rabu, 08 April 2009

Hasil Quick Count Pemilu 2009

Bicara pemilihan umum, pilkada, pilpres, hingga pemilu legislatif seperti yang diselenggarakan hari ini, hampir tidak ada habisnya. Setelah bergulat dengan kampanye pemilu 2009 yang membosankan selama satu bulan, kini saatnya pemilih menentukan pilihannya. Pemilihan anggota legislatif periode 2009 - 2014 dilaksanakan hari ini. Dan di saat-saat pemilihan seperti ini, metode perhitungan cepat atau Quick Count Pemilu 2009 menjadi sangat dicari-cari.

Lalu apa Quick Count Pemilu itu sebenarnya. Berikut ini kutipan dari lp3es.or.id.
"Quick Count atau penghitungan suara cepat adalah proses pencatatan hasil perolehan suara di ribuan TPS yang dipilih secara acak. Quick Count adalah prediksi hasil pemilu berdasarkan fakta bukan berdasarkan opini. Karena itu ia tidak sama dengan jajak pendapat terhadap pemilih yang baru saja mencoblos atau yang biasa disebut exit poll.

Untuk kepentingan Quick Count ini ribuan relawan diturunkan untuk mengamati Pemilu secara langsung demi memperoleh informasi yang diperlukan. Mereka mencatat ke dalam formulir yang telah disediakan mengenai informasi proses pencoblosan dan penghitungan suara di TPS yang diamati, termasuk perolehan suara masing-masing kandidat. Setelah selesai mereka akan menyampaikan temuan-temuannya ke pusat data (data center).
"

Quick Count atau perhitungan cepat mulai dipopulerkan oleh Lp3ES bersama Metro TV pada pemilihan anggota legislatif tahun 2004, dan pemilihan Presiden pada tahun yang sama. Untuk Quick Count Pemilu 2009, akan banyak dilakukan oleh kelompok-kelompok selain LP3ES dan media, karena masing-masing mempunyai kepentingan. Partai-partai besar hampir dipastikan melakukan Quick Count Pemilu 2009 versi masing-masing partai.

Selamat menantikan hasil Quick Count Pemilu 2009.

3 komentar:

hamung mengatakan...

nice blog..
klik

cara-blog mengatakan...

thanks for this information, visit back to Download Ebook Gratis :)

personal bali mengatakan...

Blognya menarik Pak.. Jadi tahu tempat-tempat indah dan eksotik di Sulawesi..

http://jalan2hemat.blogspot.com/